Sunday, December 20, 2015

TIPS DAN CARA MUDAH MEMBUAT SKRIPSI

MFE-TIPS DAN CARA MUDAH MEMBUAT SKRIPSI-Skripsi? Ya.. Skripsi merupakan momok paling eneg yang pernah dialami oleh mahasiswa tak terkecuali Mahasiswa Fakultas Ekonomi sendiri. Menurut sobat yang sudah mengalami rasanya skripsi, gimana sih saat-saat kalian sedang menyusun skripsi? Mungkin rasanya sebel, kesel, kadang suka marah-marah kalo lagi PMS. Hutss.. Bukan itu. Tapi rasanya tuh cape banget dan perlu pengorbanan seperti layaknya mengejar cewe idaman (pengalaman Admin hehe).  Ehh by the way Kenapa sih SKRIPSI bikin eneg bin menjengkelkan? 

Bagi kalian yang sudah mengalamai atau sedang mengalami penyusunan Skripsi ini, kita dibuat lelah dengan deadline Bab yang harus diselesaikan, bolak balik revisi Bab gegara dicoret-coret bahkan digambar oleh Dosen Pembimbing (Dospem), Kadang Harus merogoh kocek yang terdalam untuk hantaran makan ketika Dospem sedang ada di rumah, bahkan harus mengejar Dospem hingga ujung dunia hanya untuk minta coretan indahnya di skripsi kita, uhh.. SO JENG KELLIN

Sumber Gambar:
Kartun Ngampus
Tapi dibalik semua itu, Skripsi bisa juga dikatakan sebagai jembatan kita dalam mencapai kelulusan studi kita di Perguruan Tinggi. Untuk mencapainya kita harus berkorban ekstra kuat dalam mencapai hasil terbaik dalam skripsi kita. Rasa bangga kita akan terasa manakala kita mendapatkan predikat "Sangat Memuaskan" dalam sidang skripsi kita bahkan predikat kelulusan kita.

Siapa saja sih yang bangga? Tidak hanya kita sendiri saja, tapi juga orang tua, Dospem kita karena prajuritnya telah merdeka, teman kita, pacar kita (sorry buat yang jomblo), bahkan Mantan kita nan jauh di mato pun ikut bangga akan lulusnya kita dari cobaan terberat sejagad ini.  Jangan Baper deh!!

Selain kebanggaan bagi orang sekeliling kita pada saat ini, bisa juga membanggakan bagi anak-anak kita nanti. Kita bisa menunjukkan foto wisuda kita pada anak kita nanti sebagai motivasi belajar.

 "Nak, itu saat bapak wisuda, keren kan bapak. Kamu nanti harus bisa lebih dari bapak ya."

Kan jadi memotivasi bagi anak kita nanti mungkin dengan berkata:

 "Iya ayah bisa tinggi, adek mau deh seperti ayah. Ehh.. Tapi tunggu deh yah, itu cewe disebelah ayah siapa ya yah? kok adek ga kenal ya yah" Hustt Lupakan Masa Lalu

Nah sekarang bagaimana sih caranya biar Skripsi tidak lagi jadi momok lagi bagi kita, hingga bercucuran darah, keringet. Kali ini Blog MFE akan memberikan Tips-Tips bagi sobat semua untuk secepatnya Menyelesaikan Skripsi. Ini sudah diuji di Lab Terakreditasi, Sudah Teruji dari beberapa pengalaman orang yang sudah mengalami. 

  • Motivasikan dirimu untuk membanggakan orang disekelilingmu, kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, kebanggan bukan hanya milik kita semata, namun orang disekeliling kita akan bangga. Kamu jangan menyerah dengan keadaan saat ini dimana sedang letih-letihnya dalam  membuat skripsi. Buktikan kepada mereka bahwa kita bisa mencapai hasil yang maksimal dan bisa bermanfaat bagi mereka.
  • Buatlah Perencanaan untuk Skripsimu, nah yang dimaksud disini kamu buat rencana mulai dari:
    1. Mau ambil konsentrasi apa? Mulai dari semester IV biasanya sudah mulai mahasiswa untuk mengambil jurusan apa yang diminatinya. Nah, pilihlah konsentrasi jurusan yang benar-benar kamu miniati dan kamu mampu untuk memasukinya.
    2. Dalam Konsentrasi jurusan, hal-hal apa yang paling menarik untuk dikaji dan dijadikan penelitian. Banyak hal-hal yang menarik di kehidupan kita yang bisa kita ambil sebagai variabel penelitian kita nanti. Hal ini justru membantu kamu dalam menentukan judul Skripsi nanti.
    3. Persiapkan dirimu mulai dari Semester V, kenapa? Karena pada saat ini kamu sedang letih-letihnya untuk berkuliah. Selain itu kamu sudah banyak tahu mengenai selak beluk jurusanmu. Motivasikan dirimu sob!!
    4. Walaupun kamu masih di tingkat 2 dalam kuliahmu dan belum mendapatkan mata kuliah Metodologi Penelitian, bolehlah sesekali kamu sharing atau setidaknya ikut nimbrung dengan kakak seniormu yang sedang menyusun skripsi. Dari sinilah kamu akan dapat pengetahuan dan slagh pembuatan skripsi dari kakak seniormu. Dari sini pula mentalmu akan terbangun dalam hal menghadapi skripsi.
  • Jangan terpengaruh oleh temanmu atau bahkan pacarmu dalam menetukan konsentrasi atau variabel penelitian (sorry banget yang bagi yang jomblo ngenes), terkadang kita tertarik dengan teman kita dalam hal menetukan konsentrasi kita, banyak teman kita yang masuk konsentrasi tertentu, akan tetapi kita sendiri ternyata tidak minat disitu.
  • Kejarlah Dosen Pembimbingmu dan dapatkan hatinya untukmu. Walaupun diakui Dospem itu kadang menjengkelkan, akan tetapi saat sidang nanti beliaulah yang membela kita atau setidaknya memancing persepsi kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Dosen Penguji saat sidang Skripsi nanti. Kamu bisa mendapatkan hatinya dengan menyenagkan hatinya atau dengan cara memberikan apa yang mereka sukai, ya setidaknya membawa buah tangan yang manis untuknya sebagai upah coretan indahnya.
  • Pahami metode penelitian apa yang akan kamu pakai. Terkadang Metode Penelitian ini menyulitkan kita dalam hal membuat skripsi. Setidaknya kita harus paham bagaimana penarikan sampelnya, metode apa yang dipakai, kualitatif atau kuantitatif kah, bagaimana uji statistiknya bagi jurusan manajemen, bagaimana uji hipotesis yang akan digunakan, dan lain sebagainya.
  • Pahami bagaimana teknis penarikan sampelnya. Bagi kamu yang jurusan manajemen konsentrasi Manajemen SDM atau Pemasaran, kamu harus tahu bagaimana caranya mendapatkan sample dengan cara angket (kuesioner) atau wawancara. Atau bagi kamu konsentrasi Manajemen Keuangan atau Akuntansi, kamu harus tahu bagaimana cara mendapatkan laporan keuangan perusahaan yang menjadi objek penelitianmu. Atau juga kamu konsentrasi Manajemen Operasional atau Ilmu Ekonomi, kamu juga harus paham apa saja data yang valid untuk penelitianmu.
  • Cari referensi Skripsi dengan topik penelitian yang kurang lebih sama dengan judulmu. Untuk mencari referensi ini sangatlah mudah, kita bisa cari di situs repository Perguruan Tinggi yang mempublikasikan hasil-hasil skripsi. Jadikan itu sebagai referensi dalam hal pembuatan skripsi, kamu akan mudah memahami alur tiap bab nya walaupun setiap kampus berbeda format skripsinya. Ingat ya hanya sebagai Referensi bukan untuk di copas. Kalo kamu mencoba copas, maka skripsi akan dibatalkan.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang lebih bisa membantu sobat semua untuk secepatnya menyelesaikan skripsi. Nanti kami akan share kembali tips lainnya dan apa saja yang bisa kalian manfaatkan dalam pembuatan skripsi ini melalui eBook. Sobat semua bisa mendownloadnya kok. 
Tunggu eBooknya di Tahun 2016 nanti ya sobat.
Untuk LINK-nya bisa diklik di LINK EBOOK INI (Tersedia di tahun 2016)

Dari uraian diatas semoga bisa membantu Sobat semua dalam menyelesaikan skripsi sobat dan bisa lulus dengan hasil "SANGAT MEMUASKAN", Aamiin

Like 10 Kebaikan
Ketik "Aamiin" 100 Kebaikan
Share Artikel lewat Facebook, Twitter, dan G+ 1.000.000 kebaikan
Hayoo.. Pilih yang mana :D

Salam Admin MFE Ganteng
Ryano Ikubaru Novryanto (Iqbal Novryanto) 

Keywords:
  1.  Membuat Skripsi
  2. Tips menyelesaikan Skripsi
  3. Cara Mudah Menyelesaikan Skripsi
  4. eBook Tips Cara Menyelesaikan Skripsi
  5. Cara Mudah Mengerjakan Skripsi
  6. Tips Menumbuhkan Ide Skripsi
  7. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Manajemen
  8. Cara Mudah Mengerjakan Skripsi
  9. Cara Mengerjakan Skripsi Bab I
  10. Cara Mengerjakan Skripsi Bab II
  11. Cara Mengerjakan Skripsi Bab III
  12. Cara Mengerjakan Skripsi Bab IV
  13. Cara Mengerjakan Skripsi Bab V
  14. Pertanyaan Sidang Skripsi
  15. Pertanyaan Sidang Proposal   
  16. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Akuntansi
  17. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi
  18. Cara Menyusun Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah
  19. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Keuangan
  20. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Pemasaran
  21. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen SDM Sumber Daya Manusia
  22. Judul Skripsi yang Bagus Manajemen Operasional
  23. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Keuangan
  24. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Sistem
  25. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Pajak
  26. Judul Skripsi yang Bagus Akuntansi Audit Pemeriksaan
  27. Tips menyusun Proposal Penelitian Skripsi
  28. Metode Mudah Membuat Proposal Skripsi

Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 8:25 PM
TIPS DAN CARA MUDAH MEMBUAT SKRIPSI
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.

4 comments

Tulis comments
avatar
December 20, 2015 at 10:09 PM

ah telat gan, ane dah lulus baru dishare
tapi ga papa buat yg lagi nyusun skripsi tetep semangat
ada kebanggaan sendiri pas pake toga wisuda nanti

Reply
avatar
December 22, 2015 at 4:01 AM

gapapa gan yang penting sudah merasakan gimana rasanya menghadapi skripsi hehe

Reply
avatar
July 5, 2017 at 9:41 AM

Wah artikelnya bermanfaat sekali kak.Biarpun saya masih skolah kls 3 SMA,tpi bisa membantu sya besok klok lanjut kuliah.

Saya mintak infonya kak. Lulusan Mata Kuliah yg sering d cari sma perusahan2......Mata Kuliah apa ya kak????

Reply
avatar
September 15, 2017 at 10:47 PM

Min helf cari judul susah min mau d teliti dmna

Reply