Wednesday, December 9, 2015

APA ITU PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR AKUNTANSI?

MFE-APA ITU PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR AKUNTANSI?-Pernahkah sobat mendengar kata ‘Akuntansi’? Bagi sobat yang sudah mempelajarinya dibangku SMA/SMK mungkin tidak asing lagi dengan akuntansi. Akuntansi merupakan ilmu yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, mengapa? Karena akuntansi berkaitan dengan aspek keuangan suatu usaha. Bisa dibilang aspek keuangan merupakan darahnya suatu usaha dan akuntansi merupakan urat nadi suatu usaha.

Bagi sobat yang belum mengerti apa sih Akuntansi itu, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan konsep-konsep dasar akuntansi. Berikut ini merupakan pengertian akuntansi dari beberapa ahli:



  1. Menurut American Accounting Association (AAA) dalam Soemarso S.R (2004:3)  Akuntansi merupakan proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut






  2. Menurut Libby & Libby (2008:4) Akuntansi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan dan memproses (menganalisis, menghitung, dan mencatat) informasi keuangan mengenai sebuah informasi tersebut kepada pengambil keputusan.






  3. Menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA) dalam Sadeli (2011:2) Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Dari ketiga pendapat diatas maka dapat dikatakan akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran melalui identifikasi, ukuran dan pelaporan dari informasi ekonomi yang bertujuan sebagai informasi pengambil keputusan.


PERSAMAAN AKUNTANSI

Sebelum jauh membahas konsep dasar dalam akuntansi, ada hal yang harus sobat pahami terlebih dahulu, yakni PERSAMAAN AKUNTANSI. Apa itu Persamaan Akuntansi?

Persamaan akuntansi merupakan persamaan yang menggambarkan hubungan antara elemen-elemen dalam laporan keuangan. Elemen laporan keuangan ini terdiri Aktiva, Kewajiban, Modal, Pendapatan, dan Beban. Aktiva, Kewajiban, dan Modal aka dimasukkan dalam Laporan Neraca, sedangkan Pendapatan dan Modal akan dimasukkan kedalam Laporan Rugi-Laba.

Untuk lebih jelasnya mengenai persamaan akuntansi dalam neraca, sobat dapat simak pada artikel berikut


KEGIATAN AKUNTANSI

Untuk menghasilkan informasi ekonomi, perusahaan perlu menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya  Adapun kegiatan akuntansi meliputi (Soemarso S.R: 2004:4):

  1. Pengindetifikasi dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan
  2. Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan
  3. Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.

Adapun dari kegiatan akuntansi diatas maka selanjutnya dapat dijabarkan menjadi Siklus Akuntansi. Menurut Michell Suharli (2006:49), siklus akuntansi merupakan urutan transaksi, peristiwa,  aktivitas dan proses dari awal sampai akhir yang membentuk lingkaran yang tidak pernah putus.

Penjelasan mengenai siklus akuntansi dapat digambarkan sebagai berikut:



Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa:
  1. Proses pengidentifikasian terdiri dari proses transaksi dan menjadi bukti pembayaran.
  2. Proses Pemrosesan terdiri dari kegiatan pencatatan, penjurnalan, pemindahan ke buku besar (ledger), pengikhtisaran, pembuatan neraca, hingga jurnal akhir (jurnal baik).
  3. Proses pengkomunikasian merupakan hasil akhir dari siklus akuntansi yang berupa laporan keuangan. Pada lapoan keuangan ini terdapat beberapa informasi yang dapat menjelaskan posisi dan kinerja keuangan perusahaan.

Hasil akhir siklus akuntansi merupakan penyajian informasi berupa laporan keuangan. Adapun dalam laporan keuangan (Annual Report) terdapat beberapa bagian laporan, yakni Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas. Untuk lebih lengkap mengenai Laporan Keuangan dapat sobat simak pada artikel berikut:
Ikubaru's Blogzia: Laporan Keuangan Dalam Akuntansi


Artikel ini merupakan dasar dalam pembahasan selanjutnya mengenai Akuntansi. Ada beberapa artikel lanjutan yang tentunya menarik untuk disimak. Terima kasih telah menyimak. 


Daftar Pustaka:
Libby and Libby. 2008. Akuntansi Keuangan.
Sadeli, Lili. 2011. Pengantar Akuntansi.
S.R. Soemarso. 2004. Pengantar Akuntansi
 

Keywords:
  1. Apa itu Pengertian Akuntansi?
  2. Materi Dasar-Dasar Akuntansi
  3. Konsep Dasar Akuntansi
  4. Tugas Pengantar Akuntansi
  5. Pengertian Akuntansi
  6. Siklus Akuntansi
  7. Apa saja Proses Siklus Akuntansi
  8. Laporan dalam Akuntansi
  9. Tugas Makalah Pengantar Akuntansi
  10. Neraca Lajur
  11. Persamaan Akuntansi
  12. Bagaimana sih susahnya Hitungan Akuntansi?
  13. Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA)  
  15. Pengertian Akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA)
  16. Daftar Buku Akuntansi Dasar

Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 9:34 PM
APA ITU PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR AKUNTANSI?
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.